Rabu, 10 Jun 2009

Term of Reference Pelatihan Jurnalistik Tingkat SMA/SMK/MA se eks Karisidenan Pati ”Optimalisasi dan Implementasi Media Jurnalistik Sekolah”

A. Dasar Pemikiran
Kemajuan teknologi berpengruh pada dunia pendidikan di Indonesia. Pengaruh positif dan negatif yang terjadi pada dunia pendidikan kala ini. Dampak positif dari teknologi sangat membantu dalam pengembangan pogram pembelajaran di bangku sekolah. Tidak hanya dampak positif yang ditimbulkan dari kemajuan teknologi, namun dampak negatif juga sangat lekat akan kemajuan teknologi. Realitanya siswa belum dapat mengontrol dirinya dalam menyikapi hal itu. Sebagian besar siswa belum dapat menyikapi kemajuan teknologi dengan baik dan benar. Padahal dengan pesatnya kemajuan teknologi siswa lebih mudah dalam hal memperkaya materi pembelajaran.

Sekolah sebagai tempat menuntut ilmu dan membentuk karakter yang luhur seharusnya berperan dalam mendorong siswa berperilaku aktif dalam memanfaatkan perkembangan ilmu teknologi. Potensi pelajar belum dapat dimaksimalkan jika hanya lewat bangku sekolah. Banyaknya bakat yang dimiliki siswa belum tergali karena kurangnya fasilitas dan bimbingan dalam hal tersebut. Kegiatan diluar kegiatan belajar mengajar diharapkan dapat mengembangkan bakat siswa.

Pers memiliki kekuatan yang sangat dasyat untuk membangun bangsa yang bermartabat. Pers mampu menjadi motivator, pemberi semangat, pengerak perubahan, pendorong keberanian, pembangkit kesadaran untuk mencapai cita-cita dan tujuan bersama dalam berbagai aspek. Peranan pers adalah member informasi yang benar kepada masyarakat tentang suatu kejadian. Pers mempengaruhi pembangunan bangsa yang maju. Salah satu sasaran pers adalah pelajar yang notabennya generasi penerus bangsa. Pelajar sebagai penerus bangsa sudah harus menyadari hal tersebut. Pers pun tidak harus diartikan sebagai sesuatu yang rumit dan sukar dilakukan. Pers dapat dilakukan dengan cara jurnalis di manapun dan kapanpun bahkan sebagai sarana optimalisasi pembelajaran.

Kegiatan jurnalistik merupakan kegiatan yang bernilai positif untuk membangun siswa yang mandiri dan berjiwa luhur. Media jurnalistik di sekolah harus dimunculkan dan dikembangkan untuk mendorong optimalisasi siswa dalam bidang jurnalstik. Dengan adanya media dalam bidang jurnalistik berarti siswa mempunyai wadah untuk menyalurkan bakat dan minat mereka. Kegiatan ini dapat juga difungsikan sebagai penetralisasi dampak negatif dari pengaruh kemajuan teknologi dan. Dalam realitasnya media tersebut tidak akan berfungsi tanpa adanya bimbingan dari fasilitor yang mendorong siswa untuk berperan aktif dalam mengoptimalisasi media tersebut.

Melihat hal tersebut, Komite Media Pelajar (KOMEP) Jepara sebagai oganisasi para siswa di Jepara merasa mempunyai kewajiban dalam memperbedayakan anggota-anggotanya di wilayah sekolah terutama dimulai dari daerah jepara dan mencoba memperkenalkan kegiatan kami di wilayah karisidenan pati. Agenda besar ini menjadi kegiatan penting dalam pengembangan bakat para pelajar di Bidang Jurnalistik melalui kegiatan Pelatihan Media Jurnalistik Tingkat SMA/SMK/MA/MAK Se Eks Karisidenan Pati dengan tema “Optimalisasi dan Implementasi Media Jurnalistik Sekolah”.

B. Bentuk Kegiatan
Bentuk kegiatan ini adalah Pelatihan Media Jurnalistik Tingkat SMA/SMK/MA/MAK Se Eks Karisidenan Pati dengan tema “Optimalisasi dan Implementasi Media Jurnalistik Sekolah”, dengan tingkatan materi yakni (jadwal terlampir).

C. Tujuan Kegiatan
Tujuan diselenggarakannya pelatihan ini adalah :
1. Peserta memahami dasar-dasar Jurnalistik sebagai media untuk menunjang sistem pembelajaran.
2. Peserta mampu mengimplementsikan kegiatan jurnalistik pada organisasi sekolah misalnya, mading, majalah sekolah maupun lainnya.
3. Peserta dapat menjadi fasilitator bagi teman-teman di sekolah masing-masing dan berupaya membentuk kelompok yang aktif dan partisipatif dalam hal-hal yang berhubungan dengan jurnalistik.

D. Hasil yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah :
1. Bertambahnya wawasan peserta untuk meningkatkan kapasitas siswa lain dan mengkoordinasikan dengan pihak yang berkepentingan di sekolah dalam proses pembelajaran dibidang media pers khususnya jurnalistik.
2. Siswa semakin aktif dan partisipatif dalam pengembang media jurnalistik di sekolah misalnya dalam pengisisan majalah dinding sebagai sarana pengembangan siswa.
3. Siswa dapat membentuk kelompok dalam bidang jurnalistik yang berguna bagi pelajar.

E. Narasumber
Adapun nara sumber pada kegiatan ini adalah :
1. Muhammadun Sanomae (Wartawan Suara Merdeka)
2. Deka Hendratmoko (Wartawan Radar Kudus)

F. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Dilaksanakan pada hari : Selasa- Rabu
Tanggal : 16 -17 Juni 2009
Lokasi Kegiatan : Gedung NU Jepara Jl. Pemuda No. 51 Jepara

G. Agenda Kegiatan
HARI/TANGGAL WAKTU KEGIATAN PELAKSANA
Selasa/16 Juni 2009 10.00–12.30 WIB Regristrasi Peserta Panitia
13.00–14.00 WIB Opening Ceremony
Pembukaan Ahmad Jabir
Sambutan Penyelenggara Nur Kholiq
Sambutan Pembina Mayadina RM
Sambutan Kepala Dispora Jepara sekaligus membuka acara Drs. H. Bunaji
Penutup Ahmad Jabir
14.00 – 15.15 WIB Perkenalan dan Kontrak Belajar Badi’ul Hadi
15.15 – 15.30 WIB Istirahat dan Sholat Panitia
15.30–16.30 WIB Materi I :
Pemahaman Dasar Jurnalistik & Etika Jurnalistik Indonesia
Moderator : Sahal Humamy Muhammadun Sanomae
16.30–17.00 WIB Review Ahmad Jabir
17.00–19.00 WIB ISHOMA All
19.00–20.00 WIB Materi II :
Teknik Penggalian Informasi/Berita Melalui Wawancara
Moderator : Moh. Rohani Muhammadun Sanomae

20.00–20.30 WIB Review Nur Kholiq dan Qibtiyah
20.30–23.30 WIB Pemutaran Film Laskar Pelangi All
23.30–05.00 WIB Mimpi Indah All
Rabu/17 Juni 2009 05.00–05.30 WIB Ibadah Shubuh All
05.30- 06.30 WIB Relaxation Peserta
06.30- 07.00 WIB Breakfast All
07.00- 07.30 WIB Pembekalan hunting Arif Nur Effendi
07.30–10.00 WIB Hunting Berita (Lapangan) Kholiq,Arif,Nisa,Sahal,Rohani
10.00–11.00 WIB Penulisan berita Peserta
11.00–12.00 WIB Editing berita Deka Hendratmanto
12.00–13.00 WIB Isoma All
13.00–14.00 WIB Rencana Tindak Lanjut Nur Kholiq
14.00–14.30 WIB Closeing ceremony Panitia
H. Peserta
Peserta pelatihan ini akan diikuti oleh SMA Se-Eks Karesidenan Pati :
Daftar Calon Peserta

NO NAMA SEKOLAH ALAMAT NO NAMA SEKOLAH ALAMAT
1. SMA N 1 Tahunan 19 SMA N 1 Mlonggo
2. MA NU Bate Alit 20 SMK AL-HIKMAH Mayong
3. MA MATHOLIBUL HUDA Mlonggo 21 MA MASHALIKIL HUDA Tahunan
4. MA MATHOLIHUL HUDA Bugel 22 SMK DATUK SINGOROJO Kerso Jepara
5. SMA MASEHI Jepara 23 MA HASYIM AS’ARI Bangsri Jepara
6. SMA MUHAMMADIAH Jeapara 24 SMA N 1 Nalumsari
7. SMA WALISONGO Pecangaan 25 SMA N 1 Welahan
8. SMA SULTAN AGUNG Kalinyamatan 26 SMA N 1 Bangsri
9. MA BANAT Kudus 27 SMK ISLAM Tahunan
10. SMA N 1 Kudus 28 MA DARUL HIKMAH Menganti
11. MA N 2 Kudus 29 SMA ISLAM Jepara
12. SMA PGRI Jepara 30 MA SAFINATUL HUDA Karimun Jawa
13. TBS Kudus 31 SMA N 1 Mayong
14. AL-MA’RUF Kudus 32 MA N Bawu
15. MA N Pati 33 SMA N 1 Pati
16. SMK N 1 Jepara 34 SMA N 1 Jepara
17. SMA NU Bugel 35 SMK N 3 Jepara
18. SMK HASAN KAFRAWI Pancur

I. Akomodasi Peserta
Panitia akan menanggung akomodasi (snack, makan dan penginapan) dan panitia tidak menyediakan biaya transport bagi peserta.

J. Organisasi Pelaksana
Kegiatan ini dilaksanakan oleh Komite Media Pelajar (KOMEP) Jepara kerjasama dengan LAKPESDAM NU Jepara dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (DISDIKPORA) Jepara.
Contact person : Arif (085290706431), kholiq (08985594079), Sahal (081575684172), Nisa (085226444300), Kikib (085225556921), Jabir (085226531616), Rohani (085290805489).

K. Penutup
Demikian ToR Pelatihan Media Jurnalistik Tingkat SMA/SMK/MA/MAK Se Eks Karisidenan Pati dengan tema “Optimalisasi dan Implementasi Media Jurnalistik Sekolah”. Kami berharap semoga ToR ini dapat menjadi acuan program ini ke depan.

Tiada ulasan: